Thursday, November 8, 2007

Ekologi dan Kemanusiaan

Awalnya yang gw pahami dari ekologi adalah hanya sebatas lingkungan hidup. Hubungan dan interaksi lingkungan dengan makluk hidupnya seperti hewan yang berada di hutan, dia berinteraksi dalam satu ekosistem yang menurut gw itu lingkungan hidup. Tapi ternyata pemahaman itu jelas berbeda dengan definisi ekologi yang umum. Ekologi tidak hanya terbatas pada lingkungan hidup, tetapi ekologi justru menjadi satu kesatuan dan menjadi pengait antar ekosistem, makanya kemudian banyak muncul pemahaman ekologi dalam multi bidang seperti ekologi politik, ekologi industri, ekologi pertanian, hingga ekologi manusia.

Nah, apa itu ekologi manusia? Tentunya menjadi sangat menarik karena ada dua hal yang muncul dari istilah ini yaitu ekologi itu sendiri dan manusia yang gw pikir itu sebagai objeknya. Awal pemahaman gw terhadap ekologi manusia, dan mudah-mudahan terus berkembang nantinya adalah bagaimana manusia dapat memahami interaksi antara ekosistem. Tidak menjadi makhluk yang antroposentris, yang merasa egois bahwa dia adalah makhluk yang tidak ada bandingannya dan berhak menjadi penguasa alam sepenuhnya.

Manusia harus mulai mengenal, bahkan merubah pemahamannya bahwa dia harus menjadi makhluk yang ekosentris. Yang mengerti bahwa manusia merupakan bagian dari alam sehingga apabila dia merusak alam maka dengan sendirinya dia akan merusak kehidupan manusia itu sendiri. Apa yang dihasilkan dari alam sebagai barang atau produk lainnya bukan hanya karena inovasi dan kreativitas dari manusia itu sendiri tetapi lebih pada kontribusi alam bagi kelangsungan hidup manusia serta kehidupan alam itu sendiri.

Meskipun pemahaman ini masih sangat dangkal, gw menyadari itu, dan berusaha nantinya akan lebih mengerti apa itu ekologi. Lewat media ini, semoga bisa gw share berbagai informasi dan pengetahuan yang gw peroleh. Semoga

1 Comments:

Blogger uazeen said...

wah akhirnya diposting juga yang pernah kita obrolin di psap kemarin, keren. keep up that great work bro!

November 8, 2007 at 10:07 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home