Monday, July 16, 2007

Hari ke-21 dan ke-22

Hari ke-21 ini seharusnya ada kegiatan Team Building, tapi karena pembicaranya berhalangan hadir, jadi dijadikan freeday. Hari ini bangun siang langsung sarapan. Setelah itu, nonton film. Seharian ini nonton film sekalian lima, jadi kelihatan banyak dan sekalian killing time aja. Film yang paling menarik dan berkesan yaitu film freedom writers. Film ini bercerita tentang seorang guru yang mencoba merubah sikap anak muridnya yang saling bermusuhan karena terlibat dalam kelompok gangster. Pola yang dilakukan lebih pada mengajak murid mencari jawaban sendiri dan mengeksplorasi apa yang telah mereka lakukan dan masihkah ada peluang mereka untuk berubah.

Walaupun sang guru harus mengorbankan rumah tangganya karena pilihan hidup yang dijalani tapi kisah nyata ini berbuah manis dengan prestasi yang diraih dengan dihasilkannya buku yang merupakan kompilasi dari tulisan harian para muridnya. Setelah makan siang, gw ngelanjutin diskusi dengan Rob tentang beberapa hal yang belum selesai pada hari sebelumnya. Banyak buah pikiran yang kemudian muncul dari diskusi ini yang harus gw renungi dan follow up di masa yang akan datang.

Setelah itu, karena malam ini akan ada makan malam dengan masakan Thailand, jadi kita bantu-bantu Nu dan temannya wat masak. Kayanya masakannya seh menggiurkan, hehehe. Nyummy lah. Makan malampun tiba dan semuanya menikmati dan menyantapnya dengan sangat lahap.

Setelah makan malam, kita kumpul di library wat family time. Family time ini lebih pada pembagian tugas mingguan dan diskusi tentang kebutuhan rumah tangga Armagh selama seminggu kedepan. Mulai dari siapa yang masak? Apa yang dimasak? Tugas detail seperti apa? dan lainnya. Setelah itu ada diskusi tentang team building sebagai pengganti materi hari ini.

Sekitar jam sembilan pertemuan selesai dan kita semua siap-siap wat hadir di pesta ulang tahun Rita. Salah seorang teman peserta LMC kemarin yang merupakan seorang seniman penabuh drum. Partinya di The Night Cat, mirip dengan klub dengan tarian salsa. Gw ga lama disana karena ga terbiasa dengan suasananya serta kondisi badan yang kurang mendukung. Akhirnya gw balik duluan dengan Cheyene. Sempet istirahat dan nonton sebentar lantas langsung tidur.

Hari ke-21nya dimulai dengan makan pagi, kemudian masuk pada sesi quit time dan sharing. Ada perubahan pola pada hari ini karena masing-masing mempunyai kesempatan untuk sharing walaupun cuma sekali dan satu poin. Setelah sesi quit time ini selesai, langsung lanjut pada sesi selanjutnya yaitu nonton film Man in Brazil. Film ini diproduksi oleh MRA sekitar tahun 1950an dengan latar cerita tentang kondisi di pelabuhan Rio de Janeiro Brasil, dimana ada seorang yang merasa harus melakukan perubahan dan dia melakukan perubahan itu dimulai dengan dirinya sendiri. Sungguh film yang menarik.

Setelah selesai menyaksikan film, semua menuju ruang makan karena akan ada pertemuan dengan para tetua IofC. Atau lebih sering disebut Men at Lunch. Setelah makan siang masih kumpul dan sharing tentang pengalaman masing-masing terutama respon terhadap film tadi. Gw berkesempatan untuk menjelaskan program International Youth Forum 2008 yang akan di gawangi oleh team IofC dan teman-teman Indonesia.

Setelah selesai, peserta pria langsung bersiap-siap wat olahraga dan kali ini berkesempatan wat main badminton di Stadion yang biasa dipake oleh kawan-kawan IofC. Permainan yang seru. Tapi sekitar jam lima kita kembali ke Armagh karena Rob harus menyelesaikan beberapa hal. Setelah itu langsung makan malam dan melanjutkan sesi terakhir hari ini yaitu nonton film lagi. Kalau ga salah judulnya The Serene Life. Ceritanya tentang perubahan yang terjadi di Kamboja setelah rezim Polpot. Setelah nonton film, ada diskusi tentang proses yang terjadi di Kamboja kemudian tengah malamnya skypean ma Wazin. Bye

2 Comments:

Blogger Hanafi Mohan said...

Kanda Husnul, adinda sudah mengunjungi blogmu. boljug tuh. apalagi fotonya. hee..

jangan lupa ya kunjungi blognya adinda Hanafi Yang Maniez:
http://hanafimohan.blogspot.com/

September 5, 2007 at 7:12 AM  
Blogger Hanafi Mohan said...

Kunjungi jug blog di bawah ini:

blog Hanafi 1:
http://hanafimohan.blogspot.com/

Blog Hanafi 2:
http://navyxbart.multiply.com/

blog teman:
Blognya Dila-1:
http://4dhi6.blogspot.com atau

Blognya Dhila 2:
http://virlina.multiply.com

September 5, 2007 at 7:23 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home