Wednesday, July 11, 2007

Day 17th

Hari ke-17 ini, bangun agak pagi terus langsung Subuh. Setelah itu bersih-bersih dan makan pagi. Setelah makan pagi selesai, jam 9.30 langsung masuk pada sesi Quit time dan Sharing harian. Bahasan pada sharing ini lebih pada pengalaman tentang pengalaman hari sebelumnya tentang Ecological Footprint dan leadership serta gak lupa pengalaman yang bisa diambil waktu pelaksanaan LMC kemaren.

Setelah sharing selesai, dengan waktu yang sempit, kita semua bersiap wat outing program ke Healesville Sanctuary. Perjalanan memakan waktu cukup lama sekitar 1,5 jam. Dan ternyata, indahnya pemandangan dan ciptaan tuhan itu memang tidak bisa di lihat di kota. Memang salah satu ciptaan tuhan yang sangat menggugah hati adalah jikalau dalam perjalanan kita bisa melihat pegunungan dengan hamparan padang rumput nan hijau dan binatang mamalia seperti domba, sapi. Dan itu yang kulihat hari kemarin. Hamparan tanah pertanian yang rapih dan sistemik serta kebun anggur dan apel. Sungguh pemandangan pertanian yang menarik hati sekali.

Lama dan jauhnya tempat yang dituju itu hilang dan lenyap seketika ketika pemandangan itu menghiasi bola mata sepanjang perjalanan. Hingga sampai pada tempat yang dituju. Ga jauh beda dengan Taman Safari di Indonesia, tapi mereka membuat Sanctuary ini lebih hidup dan bisa lebih dinikmati. Banyak binatang yang Australia banget, dan beberapa binatang lain yang mungkin ada di negara lainnya. Kangguru, Wombat, Koala dan lainnya bisa ditemukan di sepanjang perjalanan menelusuri Sanctuary ini.

Setelah puas keliling di sanctuary, bergegas langsung kembali ke mobil. Karena sudah agak telah untuk makan malam di Armagh. Perjalanan lagi memakan waktu yang sama. Dan akhirnya sampailah kita di Armagh. Setelah makan malam, kita kumpul di reception room wat masuk pada sesi malam. Sesi ini lebih pada menumbuhkan spontanitas dan kreatifitas peserta. Momentum seperti ini memang terasa lebih mengena dan menantang untuk kita dapat lebih mengeksplorasi diri dan keluar dari zona nyaman selama ini.

Selesai sesi, kerasa betul capeknya dan beberapa dari kita masih ngobrol tak kunjung arah dengan varian tema yang lebih banyak, lainnya ada yang nonton televisi, karena kebetulan malam itu ada James Bond, Die another day. Dan ada yang ngobrol dari sharing dan lainnya. Jam di dinding sudah menunjukkan jam 11.30an dan kontan semua sesegera mungkin menyudahi kegiatannya serta bergegas tidur.

Bye-bye

1 Comments:

Blogger awen-wijarwadi said...

Wah, asyik banget bro di aussie nya.btw, bagus banget ya setiap agenda harian diabadikan melalui bolg ini. dulu gw nggak dibikin kayak gini neh waktu di korea.jadinya pas mau nulis laporan detailnya gw agak kesulitan n moment tertentu doank yang terekan dimemory gw.
jangan2 nt ngutip pepatah lama tentang manfaat menulis itu ya,bunyinya kagak gini neh
"yang terucap akan mati
yang tertulis akan abadi
yang tersentuh akan berdiri"
hehehehe
jangan viktor ya mikirnye
...........................

July 12, 2007 at 3:18 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home