Thursday, July 19, 2007

Hari ke-24 dan ke-25

Wednesday, 18 July 2007

Aktivitas hari ini dimulai dengan aktivitas seperti biasa. Bangun pagi, langsung shalat subuh kemudian mandi dan bersiap makan pagi. Setelah itu langsung masuk pada sesi quit time dan sharing. QT kali ini yang conduct gw dengan A Hyun. Kita melakukan pengantar berupa skit atau drama tentang bagaimana menjaga dan mempertahankan perubahan yang telah kita lakukan. Setidaknya bagi diri sendiri dan kemudian mempengaruhi orang lain. Setelah drama selesai, langsung quit time dan sharing masing-masing.

Rencana hari ini akan barberquean di River Yarra, tapi ternyata karena cuaca yang sangat tidak mendukung akhirnya di batalkan dan diganti dengan persiapan wat malam farewell night. Di penghujung tengah hari, kita siapin makan siang, dan semuanya menyerubung wat menyantap makan siang. Setelah makan siang, kita melakukan outing program ke Botanical Garden. Sambil jalan-jalan santai, kita semua keliling di tengah kebun besar persis seperti kebun raya Bogor. Di dalamnya ada danau dan banyak pohon besar dan tua yang rindang dan indah sekali.

Setelah itu, puas dengan keliling di kebun, kemudian langsung balik kembali ke markas Armagh, kemudian lanjut pada sesi lainnya. Sesi ini sekarang lebih praktikal dan menyangkut tindakan kita atau rencana pribadi, tim dan semakin besar, ketika nanti kembali ke negara masing-masing. Hari ini yang ambil bagian wat sharing dan diskusi yaitu Nu, Chivak dan gw. Kemudian kita membuat listing prayer yang nantinya berfungsi menjadi pengingat kita di masa mendatang.

Makan malam, kemudian free evening. Malam ini, semuanya sibuk dengan persiapan presentasi farewell night besok malam. Semuanya kelihatan utak-atik laptop dan internet mencari data dan bahan. Beres itu semua, kita tidur....

Bye.

Thursday, 19 July 2007

Hari ini dimulai dengan aktivitas harian di pagi hari yang kemudian lanjut ke makan pagi. Menu yang sama yaitu dengan sereal atau toasted (roti bakar). Kali ini perut gw lama-lama terbiasa dengan makan pagi. Ada bagusnya juga. Setelah itu, langsung masuk sesi QT dan Sharing. Yang mimpin hari ini Hien dengan Norse. Tema tentang connecting. Lebih pada bagimana menjaga hubungan dengan kawan yang lain, lewat email atau six sense. Mendorong untuk lebih proaktif mencari kabar kawan disana sehingga bisa merasakan keadaan kawan lainnya, dan tidak berasumsi yang bisa menyebabkan buta akan pertemanan dan lainnya.

Setelah itu langsung lanjut pada sesi where do we go from there bagian kedua. Sesi ini sisa teman yang lain sharing tentang tujuan dia dan keputusan yang akan di ambil di masa mendatang dan apa yang akan dilakukan nanti ketika balik ke negara masing-masing. Begitupun dengan daftar prayernya. Setelah selesai sesi ini, semuanya meluncur ke ruang makan wat santapan makan siang dan lainnya kemudian bersiap-siap wat afternoon tea dengan Mayor The Great Dandenong.

Afternoon tea ini disambut dengan hangat oleh Mayor. Orangnya keturunan Kamboja dan sangat baik. Dia banyak bergelut dengan lintas isu dan sempat berkaitan dengan hubungan masyarakat antara muslim dengan kepercayaan lain. Bekas refugee ini memulai karir dengan sangat baik dan pada akhirnya menjadi Mayor.

Setelah selesai pertemuan dengan mayor, kemudian langsung balik ke Armagh wat makan malam dan persiapan wat farewell evening. Farewell evening ini masing-masing peserta melakukan presentasi di depan undangan dan hadiri malam ini. Gw berkesempatan menjelaskan Indonesia dan sharing tentang langkah-langkah yang gw lakukan setelah LMC ini serta apa aja yang telah gw peroleh dari LMC ini. Gw menutup presentasi ini dengan menyanyikan Al-I'itirafnya Abu Nawas. Gw berfikir, bahwa syair yang ditulis oleh Abu Nawas ini sangat inspiratif dan memang sangat bagus. Semua terdiam dan mengapresiasi karena memang dalam power point gw tampilkan english translationnya.

Setelah itu semua balik ke habitat aslinya yaitu tidur.. Hehehehe.

Bye-bye, see u tomorrow.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home